ayukarbala

lalala

Archive for September, 2011

Kreatif : Kenapa? Siapa?

Kreatif? Sebenernya kreatif itu apa sih? Menurut saya, tapi gatau bener atau gak, kreatif itu adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk dapat membedakannya dengan makhluk hidup lain. Zaman sekarang nih ya, kreatif itu penting loh! Kenapa ya? Soalnya, kreatif itu bisa:

  1. Membedakan kita dari orang-orang lain (kayak yang tadi udah dibilang)
  2. Kreatif itu juga bisa membuat hidup kita menyenangkan, nggak bosen dan juga gak bikin kita sedih. Terus hm… bahagia dunia dan akhirat
  3. Kreatif itu juga bisa buat hidup orang lebih bermakna. Bermakna apa maksudnya ya? Bermakna itu maksudnya yaa lebih berfungsi gitu deh
  4. Kreatif juga bisa bikin kita lebih unik lhoo.. yaiyalah, jelas tadi udah dibilang diatas.
  5. Kreatif bisa bikin kita percaya diri untuk menonjolkan apa yang kita miliki, kita lebih bangga terhadap diri sendiri gitu (tapi beda sama narsis)

Maka dari itu, untuk bisa menjadi ‘yang lebih baik’, kita harus kreatif nih. Banyak juga kan perusahaan-perusahaan sekarang yang mengandalkan ke-kreatifitasannya agar dapat berkembang sesuai dengan pergantian zaman. Salah satu perusahaan yang paling kreatif menurut saya adalah Apple. Alasannya karena banyak banget keluaran-keluaran produk dari Apple yang baru, unik, cocok dengan selera pasar, dan apalagi banyak yang pakai produk itu. Jadi si Apple ini begitu kreatif untuk membuat dirinya ‘laku’ di pasaran. Pinter banget kan si Apple!

Habis itu mantan CEO Apple alias Steve Jobs juga otomatis termaksud orang yang terkreatif dong. Ya soalnya, dia begitu hebatnya bisa mengelola, membesarkan, membuat tenar, mengembangkan nama si perusahaan Apple ini. Apalagi, dia pernah menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios terus namanya juga dicantumin sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995. Lama banget sih itu… tapi ya tetep aja kreatif bukan?

Tapi ya sebenernya, semua orang kreatif kok. Pasti punya ke-kreatifitasannya diri sendiri kan yaaa.. mungkin yang ada, level ke-kreatifitasannya yang berbeda-beda. Gitu deh. Semua ini menurut saya tapi ya hehehe

 

Thanks! A lot!

Apa Kata Ridwal Kamil?

Waktu itu, saya ikut Akademi Berbagi. Apa itu Akademi Berbagi? Ya gitu deh. Pokoknya intinya saya ikut kelas yang yang di ajarin sama Ridwan Kamil. Isinya begini :

Being creative Entrepreneur, gimana caranya?

INNOVATIVE : thinking and innovating outside the box

RISK TAKER : bisa menkalkulasikan resiko-resiko yang akan didapat

VISIONARY : setting achievable goals

STRONG LEADERSHIP : setting example, motivating others

PROBLEM SOLVER : know exactly how to get there

AGENT OF CHANGE : in developing world

 

Lalu, gimana cara mulainya ya?

OBSERVASI

SELECT

THINK DIFFERENT

MAKE PLAN

SCALABLE

DESIGN / TECHNOLOGY

NETWORKING

INNOVATIVE MARKETING

 

“Kreatifitas timbul kalau banyak imajinasi” and “Innovation distinguish between a leader and follower” katanya

 

Sebenarnya banyak banget yang dia bilang tapi saya hanya mampu mencatat segini, selebihnya mendengarkan.

Thanks!

 

 

 

Negara. Kreatif. Inovatif.

Negara yang paling kreatif dan inovatif? Apa ya? Saya juga tidak tau jawaban sebenernya dan yang paling bener. Soalnya sih ya, kreatif dan inovatif itu kan terserah orang, ya gimana kata orang. Nah makannya nih, kalau menurut pendapat saya, Negara yang sampai saat ini saya liat paling kreatif dan inovatif itu…. Jepang! Kenapa Jepang? Saya juga gak tau sih yaaa kenapa. Habisannya banyak banget hasil-hasil produk dari Jepang yang udah tersebar di Negara mana-mana. Karena saya orangnya jarang baca dan cari tahu tentang sesuatu, jadi saya cuman bisa jawab alasan-alasannya yang saya liat aja ya.

 

Jadi gini, Jepang itu kreatif. Apanya ya yang kreatif? Habis kalau saya lihat dari barang-barang, produk-produknya dia aja macem-macem. Bungkusannya aja macem-macem. Kayak bungkus makanan, kue-kue, apa aja deh, saya liat tuh bentuk-bentuknya unik dan jarang gitu deh. Terus nih, kalau yang ini sih saya tau, Jepang banyak bangetkan kalau soal otomotif. Kayak mobil lah misalnya. Kayak Honda, Toyota, Mitsubisi, Suzuki, dan lainnya, itukan udah booming dimana-mana dan kualitasnya juga bagus kok! Apalagi teknologi-teknologinya juga gak kalah banyaknyaaa. Bahkan, sampe nyiptain robot juga kan merekaa. Keren ngga?

 

Terus dalam dunia yang lainnya, kayak hmmm kartun tuh ya! Banyak banget kartun dari Jepang kayak doraemon, naruto, one piece, conan, captain tsubasa, dan lainnya, nah tuh kan banyak banget sebenernya dan terkenal banget di kalangan anak-anak. Bahkan yang udah gede juga suka kok kartun-kartun begituan. Lucu kan yaaa soalnya? Nah terus apalagi yaaa.. Hmm.. Ini nih, di dunia fashion juga gak kalah tuh sama yang lainnya. Baju-baju Jepang juga unik-unik modelnya. Iyakan?

 

Nah jadi ya kalau menurut saya, Jepang itu salah satu Negara yang kreatif dan inovatif. Sebenarnya banyak banget pastinya kelebihan lainnya yang bahkan saya aja gatau yaa. Tapi, Negara lainnya juga pasti gak kalah sama Jepang karena pasti semuanya punya kelebihan dan kekurangan dong? Hehehe

 

Sekian dan terimakasih.